Maharku untukmu, 100 Ekor Unta Merah?? (1-70 tamat)

Kita simak kembali kultwit dari ust. Faudzil Adhim. Kali ini tentang #mahar . Kelak berapa, berupa apa mahar kita, kita simak saja agar tak berlebihan dan tak menyepelekan.

1. Bersebab halusinasi bahwa Rasulullah shallaLlahu ‘alaihi wa sallam memberikan #mahar hingga milyaran rupiah nilainya, >>

2. >> seorang akhwat bahkan bersungut-sungut menolak bahwa Rasulullah shallaLlahu ‘alaihi wa sallam adalah penggembala. #mahar

3. Padahal riwayat yang menunjukkan setiap nabi pernah menjadi penggembala adalah shahih. Riwayat Imam Bukhari, Bro. #mahar

4. “مَا بَعَثَ اللَّهُ نَبِيًّا إِلَّا رَعَى الْغَنَمَ Tidaklah Allah mengutus seorang Nabi melainkan dia menggembalakan kambing.” #mahar >>

5. >> “… فَقَالَ أَصْحَابُهُ وَأَنْتَ فَقَالَ نَعَمْ كُنْتُ أَرْعَاهَا عَلَى قَرَارِيطَ لِأَهْلِ مَكَّةَ” HR. Bukhari #mahar

6. >> (Para sahabat) bertanya, “Termasuk engkau juga?” Beliau menjawab: “Ya, aku pun mengembalakannya >> #mahar

7. >> dengan upah beberapa qirath untuk penduduk Makkah.” HR. Bukhari. | Qirath adalah ukuran untuk perak dan emas. | #mahar

8. Sebagian orang gegabah menolak riwayat yang shahih hanya karena mendengar kisah. Sungguh, ahli hadis beda dengan ahli hadas. | #mahar

9. Mereka menolak karena terpukau ucapan sebagian manusia bahwa Nabi shallaLlahu ‘alaihi wa sallam mulai berbisnis usia 8 tahun. #mahar

10. Padahal inilah usia ketika Muhammad shallaLlahu ‘alaihi wa sallam berpindah pengasuhan dari kakeknya kepada pamannya. #mahar

11. Bukankah usia itu Muhammad shallaLlahu ‘alaihi wa sallam pergi ke Syam? | Bedakan diajak bepergian dengan berbisnis. #mahar

12. Soal mahar, Umar bin Khaththab radhiyallahu ‘anhu mengingatkan, “Janganlah kalian berlebih-lebihan dalam menetapkan #mahar para wanita >

13. >> karena jika (mahalnya) #mahar itu dianggap sebagai pemuliaan di dunia atau tanda takwa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala >>

14. >> tentu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam lebih dahulu daripada kalian untuk berbuat demikian.” Riwayat Abu Dawud.#mahar

15. Ini merupakan riwayat yang shahih tentang #mahar dan bertutur tentang apa yang seharusnya kita perhatikan saat menikah >>

16. >> sekaligus menunjukkan bahwa Rasulullah shallaLlahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah berlebihan dalam memberikan #mahar.

17. Sebaik-baik contoh adalah Nabi shallaLlahu ‘alaihi wa sallam. Beliau konsisten dalam ucapan maupun tindakan. Pun soal #mahar.

18. Jika benar kita mencintai Nabi shallaLlahu ‘alaihi wa sallam, maka kita harus meyakini apa yang diperintahkannya, termasuk soal #mahar.

19. Mari kita ingat sabda Nabi shallaLlahu ‘alaihi wa sallam, “خَيْـرُ النِّكَـاحِ أَيْسَـرُهُ” HR. Abu Dawud & Al-Hakim #mahar

20. “Sebaik-baik pernikahan ialah yang paling mudah.” HR. Abu Dawud & Al-Hakim | Mudah prosesnya, murah maharnya, mudah pula mencari #mahar

21. Ada hadis senada tentang ini, “خَيْرُ الصَّدَاقِ أَيْسَرُهَا Sebaik-baik #mahar adalah yang paling ringan.” HR. Abu Dawud.

22. Ini semua menegaskan larangan berlebihan dalam mahar, termasuk dalam perkara ini memahal-mahalkan dan menyulitkan urusan #mahar.

23. Yang paling penting untuk kita harap dalam pernikahan adalah barakah. Bukan sakinah. Salah satu kuncinya justru sederhana dalam #mahar

24. “إِنَّ أَعْظَمَ النَّكَـاحِ بَرَكَةً أَيَْسَرُهُ مُؤْنَةً” HR. Ahmad. | Perhatikan betapa pentingnya menyederhanakan #mahar

25. “Sesungguhnya pernikahan yang paling besar barakahnya ialah yang paling mudah maharnya.” HR. Ahmad. | Lihat, kuncinya pada #mahar

26. Berapakah #mahar yang diberikan Rasulullah Muhammad shallaLlahu ‘alaihi wa sallam kepada istrinya? Tidak melebihi 12 uqiyah 1 nasy.

27. Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz berkata, #mahar yang diberikan Nabi shallaLlahu ‘alaihi wa sallam tak pernah melebihi 500 dirham.

28. Berapa nilai 500 dirham itu? Ukurlah nilainya saat itu di sana (catat: DI SANA!), lalu takarlah menurut ukuran sekarang di sana. #mahar

29. Syaikh Abdul Aziz Bin Abdullah bin Baaz menunjukkan bahwa 500 dirham WAKTU ITU setara dengan lebih kurang 130 riyal SEKARANG. #mahar

30. Ini dapat kita jumpai pada (edisi terjemah) “Fatwa-Fatwa Terkini”. Jika dirupiahkan, lebih kurang sama dengan Rp 325.000,-. Nah. #mahar

31. Maka, apakah yang menghalangi kita untuk meringankan #mahar jika ini menjadi jalan kebaikan?

32. Bukankah kita menyimak dalam riwayat bagaimana Rasulullah menyerukan kepada kaum muslimin untuk memudahkan #mahar?

33. Ketika seorang laki-laki tak sanggup memberikan #mahar berupa harta berharga, Nabi shallaLlahu ‘alaihi wa sallam bahkan bersabda, >>

34. >> “Carilah sekalipun cincin yang terbuat dari besi” (HR. Bukhari). | #mahar

35. Dan ketika cincin terbuat dari besi pun tak dapat dtemukan lelaki itu, Nabi menikahkannya dengan #mahar bacaan beberapa ayat Al-Qur’an.
Image
36. Perhatikan hadis shahih tentang teguran Nabi shallaLlahu ‘alaihi wa sallam kepada sahabat yang menikah dengan #mahar 4 uqiyah.

37. Dalam hadis shahih riwayat Muslim ini, Rasulullah menegur karena #mahar 4 uqiyah sudah termasuk berlebihan untuk ukuran sahabat tersebut

38. Tentang hadis tersebut, Imam Nawawi rahimahullah berkata, “Larangan memperbanyak #mahar ini bertalian dengan keadaan suami.”

39. Mudahnya #mahar berhubungan dengan tingkat kesulitan memperoleh mahar dan murah tidaknya mahar.

40. Mahal dalam hal #mahar mengacu pada mahar mitsil, yakni mahar yang umum berlaku di masyarakat di tempat itu serta kemampuan calon suami.

41. Lalu bagaimana dengan #mahar Nabi shallaLlahu ‘alaihi wa sallam kepada Khadijah yang konon bermilyar-milyar itu?

42. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar tidak salah mengambil kesimpulan. Apalagi ini berkait klaim terhadap Nabi. #mahar

43. Pertama, adakah riwayat yang memenuhi standar untuk dijadikan pegangan? Bagaimana kedudukan riwayat tersebut? Shahih? #mahar

44. Kedua, mungkinkah Rasulullah shallaLlahu ‘alaihi wa sallam termasuk orang yang bertentangan antara kata dan perbuatan? #mahar

45. Sesungguhnya Rasulullah shallaLlahu ‘alaihi wa sallam memiliki sifat ma’shum. #mahar

46. Ma’shum berarti beliau terjaga dari berbuat maksiat, tak terkecuali bermaksiat karena mengingkari ucapannya sendiri. #mahar

47. Ketiga, seandainya (dan pengandaian itu tak dapat menjadi pegangan hukum) riwayat yang menyebut #mahar yang beliau berikan >>

48. > luar biasa besar, ada 2 pertanyaan yang perlu kita ajukan. Pertama, itu #mahar Muhammad atau Rasulullah shallaLlahu ‘alaihi wa sallam?

49. Sebelum bi’tsah (pengangkatan beliau sebagai nabi), maka ucapan dan tindakan beliau bukan merupakan acuan hukum. #mahar

50. Bagaimana dengan cerita bahwa Nabi shallaLlahu ‘alaihi wa sallam beri #mahar kepada Khadijah 100 atau 1000 unta merah?

51. Ada beberapa persoalan serius terkait kisah 100 atau 1000 unta merah ini, sehingga tidak dapat menjadi pegangan. #mahar

52. Banyak rumor bahwa Nabi shallaLlahu ‘alaihi wa sallam memberi #mahar sebanyak 100 bahkan 1000 ekor unta merah kepada Khadijah.

53. Sebuah klaim tentang Nabi Muhammad shallaLlahu ‘alaihi wa sallam tidak dapat menjadi pegangan, kecuali riwayatnya shahih. #mahar

54. Jika menilik sejarah kehidupan Nabi shallaLlahu ‘alaihi wa sallam, tidak ada riwayat shahih tentang #mahar beliau kepada Khadijah.

55. Ibn Hisyam meriwayatkan Sirah-nya dari Ibnu Ishaq pernikahan Nabi shallaLlahu ‘alaihi wa sallam. @salimafillah sudah mentwit ini. #mahar

56. 100 ekor unta merah (bukan seribu) adalah hibah Khadijah. Bukan #mahar Nabi. Catat lagi: hibah Khadijah kepada Abu Thalib.

57. Abu Thalib kemudian menghadiahkan 100 unta merah itu untuk pernikahan Muhammad dan Khadijah. Perhatikan: ini bukan #mahar Muhammad.

58. Jadi, dapat kita katakan bahwa 100 unta merah itu dari Khadijah kembali kepada Khadijah untuk pernikahannya melalui Abu Thalib. #mahar

59. Abu Thalib menghadiahkan 100 unta merah yang dihibahkan Khadijah Ini sebagai penghormatan terhadap kedudukan Khadijah. #mahar

60. Dari sini kita dapat simpulkan bahwa mitos tentang #mahar Muhammad shallaLlahu ‘alaihi wa sallam kepada Khadijah adalah tidak benar.

61. Terlepas dari itu, ada sirah dan maghazi (kisah peperangan) merupakan dua wilayah yang sangat rawan dalam soal periwayatan. #mahar

62. Maka kita harus berhati-hati dalam melakukan klaim terhadap Nabi shallaLlahu ‘alaihi wa sallam. Harus ada riwayat yang kuat.

63. Gegabah mengklaim atas nama Nabi shallaLlahu ‘alaihi wa sallam dapat menjerumuskan kita terhitung berdusta atas nama Nabi. #mahar

64. “إِنَّ كَذِبًا عَلَيَّ لَيْسَ كَكَذِبٍ عَلَى أَحَدٍ فَمَنْ كَذَبَ عَلَيَّ مُتَعَمِّدًا فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنْ النَّارِ” #mahar

65. Renungi hadis ini, “Sesungguhnya berdusta atas namaku tidaklah sama dengan berdusta atas nama orang lain. >> | #mahar

66. >> Barangsiapa berdusta atas namaku dengan sengaja maka hendaklah dia mempersiapkan tempat duduknya dari neraka.” HR. Bukhari #mahar

67. “Barangsiapa yang sengaja berdusta atas namaku maka hendaknya dia mengambil tempat duduknya di neraka.” HR. Bukhari-Muslim | #mahar

68. Renungi pula hadis ini, “Barangsiapa berkata-kata atas namaku padahal aku sendiri tidak mengucapkannya, >> | #mahar

69. >> maka hendaknya dia mengambil tempat duduknya di neraka.” HR. Bukhari. | Semoga catatan tentang #mahar ini bermanfaat.

70. Masih banyak yang ingin saya perbincankan tentang #mahar, tetapi untuk sekarang cukuplah sampai di sini. Semoga bermanfaat & barakah.

Sumber gambar: http://1.bp.blogspot.com/-amWV1kyDIjg/UA9z6uKgxoI/AAAAAAAAAIo/aAhUoel0WvA/s320/1.jpg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s